Tanya Jawab Naskah


Malam! ^^

Berhubung banyak yang tanya caranya menulis cerita dan mengirim naskah ke penerbit, jadi kuputuskan untuk merangkumnya di dalam catatan ini. Semoga bisa membantu. Tapi harap diingat ini cara dari akubyang belajar menulis otodidak loh. Jadi boleh ditiru, boleh nggak. Dan buat kamu yang sudah mengenal Microsoft Word, bersyukurlah. Sebab dulu waktu awal-awal menulis aku nggak tahu apa ^^

Q: Gimana sih caranya bisa nulis kayak Kakak?
» Mm… Lihat sekitar, dengerin curhatan temen, baca lirik lagu, nonton drama, video klip, dan baca novel. Lalu berimajinasi sesuka hati, kemudian tulis aja apa yang terlintas dipikiran.

Q: Masa? Nggak pakai draff gitu?
» Draf sudah aku susun di pikiran.😀

Q: Nggak ditulis? Nggak lupa Kak? Nggak bakalan berubah-ubah alurnya? Biasanya kan kalau kita menghayal tanpa di tulis itu suka ke mana-mana?
» Nggak. Ke mana-mana sih iya. Tapi nanti diputuskan sendiri kok alurnya mau yang bagaimana. Hehehe…🙂

Q: Terus kalau udah selesai, diapain lagi? Langsung kirim ke penerbit nggak?
» Sabar. Didiemin dulu. Dua atau tiga hari. Baru baca ulang naskah kamu sekalian editing. Kalau bisa sih minta bantuan temenmu yang subuat ngasih saran.

Q: Editing?
» Iya. Tujuan editing itu buat memeriksa typo sama bagus enggaknya tulisan kita. Kan kadang kita bisa merasa bahwa yang kita tulis masih ada kekurangannya atau malah berlebihan. Nah, pas masa editing itu ditambahin atau kurangin deh. Seenggaknya nanti pas masuk tahap revisi atas permintaan editor kita nggak terlalu capek😀

Q: Revisi? Maksudnya?
» Nanti kalau sudah dikirim ke penerbit dan dinyatakan layak terbit, editor yang yang bertanggung jawab terhadap naskah kita akan ngasih tahu bagian-bagian mana saja dari naskah kita yang perlu diperbaiki. Kita perbaiki deh sesuai saran dia.

Q: Oo… Terus kalau udah diedit?
» Kalau kamu sudah merasa bagus, kirim deh ke penerbit.🙂

Q: Caranya?
» Cari tahu dulu persyaratan mengirim naskah di penerbit yang kamu incar melalui bantuan Google. Ada banyak kok. Terus baca/beli juga novel-novel dari penerbit itu supaya kamu tahu naskahmu termasuk naskah yang nereka cari atau nggak. ^^

Q: Kalau sudah dikirim, keputusan diterima atau ditolaknya kapan?
» Tergantung penerbitnya. Biasanya dipersyaratan pengiriman naskah dikasih tahu kok. Paling cepet dua minggu dan paling lama biasanya enam bulan. Cuma seminggu setelah mengirim naskah coba tanya ke redaksinya (lewat email ataupun telpon yang ada) naskahmu sudah masuk atau belum. Takutnya kalau ngirim via email naskahmu gagal terkirim. Jadi kamu nggak menunggu dengan sia-sia dan bisa kirim ulang lagi.

Q: Kalau misalnya diterima, novelku langsung terbit nggak Kak?
» Nggak. Ada kemungkinan naskahmu diminta editor buat direvisi dulu. Kalau sudah, tinggal menunggu jadwal terbit yang ditentukan. Biasanya editornya memberitahu kok kapan terbitnya. Jadi sabar, ya ^^.

Segitu dulu ya ^^
Kalau ada kekurangan, mohon dimaklumi.

Salam hangat,
Orina Fazrina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: