Lomba Cerpen


Hahai… saya bawa info lomba niy… pada mau ikut ga?

keren lho… bikin kita tertantang.

buat yang cinta ama Korea, kalian bisa bikinnya kaya FF lho, coz ada setting yang di ambil di korea.

pecinta Jepang juga ada, so, ikutan deh… ^^

ni dia lombanya ^^

=================================================

 

Alhamdulillah akhirnya kami bisa kembali menyelenggarakan sebuah event, lomba menulis yang semoga akan membuat adrenalin kalian berpacu lebih cepat. Jika menulis cerpen BEBAS itu sudah biasa. Maka kali ini, kami membuat lomba menulis CERPEN dimana paragraf pembuka dan penutupnya telah kami tentukan.

PENASARAN???

CEKIDOT!!!

LOMBA MENULIS CERPEN CINTA (CERITA LINTAS BENUA) 2011

Syarat dan ketentuan:

  1. Peserta merupakan anggota dari Heart & Soul Writing Community (yang belum silahkan meng-klik tombol LIKE di laman tersebut) http://www.facebook.com/pages/HSWC-Heart-and-Soul-writing-Community/181850848506696
  2. Naskah ditulis dengan huruf TIMES NEW ROMAN 12, spasi 1,5, A4
  3. Panjang Naskah min.6 halaman dan maks. 10 halaman
  4. Naskah tidak mengandung SARA maupun pornoaksi
  5. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 (satu) naskah terbaiknya
  6. CANTUMKAN BIODATA (NAMA, ALAMAT, NO TELP) DI HALAMAN TERAKHIR NASKAH (BOLEH LEBIH JIKA CERPEN BERJUMLAH 10 HALAMAN).
  7. Kirimkan naskah melalui email: heartsoul_writingcommunity@yahoo.com dengan JUDUL FILE : NAMA + JUDUL CERPEN dan hardcopy (2 rangkap –>  boleh asli maupun fotocopy) ke alamat: Fitri Andriani Jl. Letjen S Parman RT.23 No.89C Balikpapan Kalimantan Timur 76122
  8. Bagi mereka yang berdomisili di luar negeri pengirimannya boleh diwakilkan oleh teman, saudara dsb
  9. Batas pengiriman baik email maupun hardcopy adalah tanggal 6 Februari 2011 (cap pos)
  10. Peserta wajib memposting SINOPSIS naskahnya di notes FB masing-masing dan men-tag fitri gita cinta, syahidah amaniyah dan HSWC – Heart & Soul Writing Community dan 15 teman lainnya. Sertakan logo HSWC pada postingan tersebut.
  11. Peserta yang tidak memenuhi syarat akan langsung kami diskualifikasi
  12. Pengumuman pemenang akan diumumkan pada tanggal 28 Februari 2011
  13. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat
  14. Silahkan memilih salah satu dari OPTION di bawah ini sebagai paragraf awal dan paragraf akhir dari naskah yang akan kalian buat. JUDUL BEBAS.

Pilihan 1

Setting: New York City – US

Paragraf pembuka:

Central Park.

Menjelang sore.

Lizzy tersentak dari lamunan ketika sehelai daun maple berwarna kemerahan jatuh menimpa keningnya. Musim gugur tahun ini seolah datang terlalu cepat. Langit di atasnya masih membiru cerah dan bernoda kilau matahari. Tak jauh dari tempatnya duduk, seorang gadis kecil menggesek biolanya memainkan Ode to Joy Beethoven di hadapan seorang lelaki tua berambut perak. Lizzy sudah sering melihat mereka namun selalu iri melihat kehangatan yang terpancar di mata kakek dan cucu itu. Mereka sama sekali tak terusik oleh musim gugur yang menyelinap diam-diam di balik dedaunan mapel.

Paragraf penutup:

Di tengah sejuknya angin musim gugur Lizzy tersenyum. Tangannya mendekap buku sketsa milik Dylan di dadanya. Tak ada lagi penyesalan mengendap di hatinya. Musim gugur kali ini telah mengingatkannya pada hal terindah yang pernah dimilikinya.

Thanks, Dylan. You’re always gonna be my autumn.

Pilihan 2

Setting: Lugano – Swiss

Paragraf pembuka:

“Arrividerci, Fabrian.”

Aku melilitkan sehelai syal merah menutupi leher sesaat sebelum melangkah pergi meninggalkan Lugano Dante Hotel . Tak terasa seminggu telah berlalu sejak aku menapakkan kakiku di Zurich International Airport.

“Kau benar-benar akan pergi sekarang?” Tanpa kuduga, Fabrian menatapku dalam dengan bola mata birunya.

Paragraf penutup:

Dear Fabrian,

Aku baik-baik saja, jangan khawatir. Ingatkan aku untuk kembali ke Lugano suatu hari nanti.

Kupandangi kartu pos berisi tulisan tanganku itu dengan dada bergemuruh sebelum menyelipkannya ke dalam kotak surat. Segera sesudahnya, aku gegas melangkah masuk ke ruang tunggu Zurich International Airport. Dalam waktu setengah jam ke depan, pesawat yang kutumpangi akan mengudara menuju tanah airku, meninggalkan Fabrian dan sepenggal harapan yang dititipkannya padaku.

Pilihan 3

Setting: Seoul – Korea Selatan

Paragraf pembuka:

“Kau siap?” tanya lelaki di sampingnya sekali lagi. Seakan memberi kesempatan pada Naya untuk merubah keputusannya. Tapi gadis itu menggeleng pelan meski kakinya tidak juga bergerak melangkah.

Mereka berdiri di ujung Doldam Street. Wajah Naya terlihat ragu. Ia tahu, ia tak boleh percaya takhayul. Tapi perkataan teman-temannya membuat Naya diserang keingin tahuan yang begitu besar. “Apa benar kisah cintaku dengan Jonghyun oppa akan berakhir jika kami melewati jalan ini?” gumannya dalam hati. Karena rasa penasaran yang terus menyerang, akhirnya ia mengajak kekasihnya itu menyusuri jalan yang dianggap terkena kutukan. Agar ia tahu, apakah cinta mereka seabadi yang ada di dalam pikirannya.

Paragraf penutup:

“Sarang hae…” teriak Jonghyun di keramaian. Tak peduli meskipun orang-orang melihatnya dengan mata penuh tanda tanya. Mereka toh tak tahu artinya.

Naya berdiri di seberang jalan dengan mata berkaca-kaca. Perasaannya membuncah hingga tak bisa berkata-kata. Ia hanya bisa membalasnya dengan gerakan bibir yang mungkin tak akan terbaca dari kejauhan. Aku juga mencintaimu, Oppa!

Pilihan 4

Setting: Kyoto – Jepang

Paragraf pembuka:

“Hentikan!”

Akira melemparkan begitu saja tasnya di atas tanah becek sehabis hujan. Ia tidak bisa tinggal diam melihat perkelahian tidak sebanding itu. Empat lawan satu. Sama sekali tidak jantan.

“Hei, kau mau jadi pahlawan?” bentak si gendut yang wajahnya basah oleh keringat. Tangannya terkepal siap melanjutkan aksinya memukuli anak berambut gondrong yang pelipisnya mengeluarkan darah.

Akira melepaskan jas hitam dimana tertera lambang Katsura High School di dada kirinya. Maju selangkah lalu memasang kuda-kuda. “Aku tidak takut. Lawan aku kalau kalian memang jagoan!”

Paragraf penutup:

“Aku kira persahabatan kita telah berakhir,” kata Akira di tengah hiruk pikuk malam puncak perayaan Aoi Matsuri.

“Karena Yuri telah memilih maka aku harus menghargai keputusannya. Kau orang yang tepat untuknya.” Ryo menepuk pundak sahabatnya itu. “Benarkan, Yuri?” tanyanya disambut dengan senyuman bahagia di wajah Yuri yang terlihat cantik dengan yukata merah yang dikenakannya malam itu.

Hadiah:

12 Naskah terbaik akan mendapatkan sertifikat dan akan dibukukan.

3 Naskah terbaik akan mendapatkan paket buku + buku yang akan diterbitkan + sertifikat + merchandise HSWC

Selamat berlomba!

salam

❤ TIM HSWC

menulis untuk dunia

====================================================

 

Selamat berkarya ^^

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: